Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Samba di Ubuntu Server 12.04

Cara Install Samba di Ubuntu Server 12.04

Hallo sobat sekalian, pada artikel kali ini kita akan membuat File server sebagai sharing data/file pada jaringan menggunakan Samba. jadi tujuannya adalah agar client windows maupun linux dapat bertukar file dan printer menggunakan samba file server. Samba adalah aplikasi  yang bersifat open source yang menyediakan layanan berbagi berkas dan berbagi alat pencetak (printer) pada jaringan.

1. Instalasi Samba

Untuk menginstall Samba caranya adalah sebagai berikut Pertama-tama jalankan perintah berikut dan tunggu hingga proses instalasi selesai :

kris@ubuntu~$ sudo apt-get install samba

2. Konfigurasi Samba

Untuk Sharing folder dengan Samba, kalian perlu melakukan konfigurasi-konfigurasi berikut. Pertama buka file konfigurasi /etc/samba/smb.conf dengan mengeksekusi perintah ini :

kris@ubuntu~$ sudo nano /etc/samba/smb.conf

Pada contoh disini saya akan sharing folder bernama Data yang terletak pada direktori  /home/kris/Data jika belum membuat folder yang akan di sharing, buatlah Folder dengan perintah berikut : 

kris@ubuntu~$ sudo mkdir Data
kris@ubuntu~$ sudo chmod -R 777 /home/kris/Data

Tambahkan baris di bawah ini pada konfigurasi paling bawah

[Data]
path = /home/kris/Data
browseable = yes
writeable = yes
guest ok = no
public = no
read only = no
security = user

Kemudian simpan perubahan dengan menekan CTRL + X, lalu tekan Y, lalu Enter. Selanjutnya berikan password Samba kepada user pemilik foldernya terlebih dahulu. dengan perintah berikut

kris@ubuntu~$ sudo smbpasswd -a kris

Dan yang terakhir, restart service Samba untuk mengaktifkan perubahan yang telah kalian lakukan dengan mengeksekusi perintah berikut :

kris@ubuntu~$ sudo service smbd restart

Sekarang kita akan mencoba mengakses folder Sharing tersebut dari sisi Client. Jika pada sistem operasi Windows, cara mengakses foldernya adalah dengan menjalankan aplikasi Run (tekan tombol Windows + R), kemudian isikan dengan format Sebagai berikut \\192168.10.254

Baca Juga : Cara Install Vsftpd di Ubuntu Server 12.04
Baca Juga : Cara Install Proftpd di Ubuntu Server 12.04


Cara Install Samba di Ubuntu Server 12.04

Setelah itu klik OK maka akan muncul Folder Data yang sebelumnya kita buat di Ubuntu Server. Double Klik pada Folder Data untuk membuka File tersebut maka akan muncul konfirmasi Username dan Password.

Cara Install Samba di Ubuntu Server 12.04

Masukan User dan Password yang sebelumnya kita buat lalu Klik OK

Cara Install Samba di Ubuntu Server 12.04

Cara Install Samba di Ubuntu Server 12.04

Maka akan muncul isi dari File yang di Sharing, oke dengan demikian kita telah berhasil menginstall dan mengkonfigurasi File Sharing menggunakan Samba.

Demikian kira-kira artikel cara install samba di ubuntu server 12.04 ini saya buat. Semoga bermafaat untuk kita semua. Silahkan Share Jika sobat merasa postingan ini bermanfaat. Sekian & Terimakasih Salam.

Posting Komentar untuk "Cara Install Samba di Ubuntu Server 12.04"