Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Munin di Ubuntu server 12.04

Cara Install Munin di Ubuntu Server 12.04

Cara Install Munin di Ubuntu Server 12.04 - Hallo sobat sekalian, pada artikel kali ini kita akan membuat monitoring server dengan menggunakan Munin pada Ubuntu Server 12.04. dengan munin sobat dapat dengan mudah untuk memonitor status performance dari Ubuntu Server sobat.

Munin dapat melakukan monitoring kinerja secara detail terhadap beberapa sesi di server, seperti load average, penggunaan memory, penggunaan CPU, MYSQL, traffic jaringan, dan lain sebagainya. 

Install Munin di Ubuntu Server

Pertama pastikan bahwa pada package repositories ubuntu server telah ter-update dan pada ubuntu server anda telah terinstall apache2 , jika belum anda dapat jalankan perintah berikut.

kris@ubuntu~$ sudo apt-get update
kris@ubuntu~$ sudo apt-get install apache2
Lalu jalankan perintah berikut untuk menginstall Munin
kris@ubuntu~$ sudo apt-get install munin munin-node

Ok, setelah selesai anda bisa mengakses lewat Browser dengan megetik pada url http://ipserver/munin. tapi jika anda ingin mengakses menggunakan nama domain anda harus mengedit file /etc/munin/apache.conf buka file apache.conf lalu edit seperti di bawah ini.

Tambahkan tanda # pada bagian Allow from localhost 127.0.0.0/8 : :1 lalu tambahkan Allow from all pada bagian bawah. Selanjutnya kita akan mengaktifkan Password pada Munin jadi ketika kita mengakses munin maka akan muncul Login Password, cari file seperti di bawah ini lalu hapus tanda pagar nya.

kris@ubuntu~$ sudo nano /etc/munin/apache.conf

# Allow from localhost 127.0.0.0/8 : :1
 Allow from all 
...
...
  AuthUserFile /etc/munin/munin-htpasswd
  Authname "Munin"
  AuthType basic
  require valid-user

Simpan konfigurasi dengan menekan tombol Ctrl + X lalu tekan Y dan Enter. tahap selanjutnya kita akan membuat password pada munin jalankan perintah berikut.

kris@ubuntu~$ sudo htpasswd -c /etc/munin/munin-htpasswd Munin

Lalu masukan password untuk Munin. selanjutnya restart service pada apache 2 dan Munin.

kris@ubuntu~$ sudo service apache2 restart
kris@ubuntu~$ sudo service munin-node restart

Pengetesan

Buka browser dari komputer Client lalu masukan pada url http://ipserver/munin lalu masukan Password yang sebelumnya kita buat.


Klik localdomain atau localhost.localdomain untuk membuka service yang di monitor.


Mudah bukan, sekarang anda bisa Memonitoring Ubuntu Server anda. Oke demikian kira-kira artikel Cara Install Munin di Ubuntu Server 12.04 ini saya buat. Semoga bermafaat untuk kita semua. Silahkan Share Jika sobat merasa postingan ini bermanfaat. Sekian & Terimakasih Salam.

Artikel Selanjutnya : Cara Install Nagios di Ubuntu Server 12.04

Posting Komentar untuk "Cara Install Munin di Ubuntu server 12.04"