Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Netdata di Centos 8 Server

Cara Install Netdata di Centos 8 Server

Berikut tutorial bagaimana cara install netdata di centos 8 server.  Netdata adalah monitoring tools Opensource yang dirancang untuk mengumpulkan metrik secara realtime, seperti penggunaan CPU, penggunaan RAM, penggunaan Disk, traffic network monitoring dll dan menampilkannya dalam bentuk grafik secara realtime pada web browser.

Netdata

Netdata adalah tools yang dirancang untuk memvisualisasikan aktivitas pada perangkat server dengan sedetail mungkin, sehingga user mendapatkan gambaran umum tentang apa yang terjadi pada system atau aplikasi mereka.

Aplikasi ini menggunakan daemon ketika dijalankan dan bertanggung jawab untuk mengcolect data-data dari perangkat dan menampilkan hasil informasi tersebut secara real-time. 

Tools ini menggunakan daemon ketika dijalankan dan bertanggung jawab untuk mengcolect data-data dari perangkat dan menampilkan hasil informasi tersebut secara real-time.

Netdata dapat dijalankan pada sistem tanpa mengganggu aplikasi-aplikasi yang lain yang sedang berjalan di dalamnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara install netdata di centos 8 server, ikuti step by step cara installasinya.

Sumber Netdata 

Install Netdata

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk installasi netdata adalah install dahulu repo epel dilanjutkan setelah install netdata, silahkan jalankan perintah berikut untuk install netdata.
[root@srv1 ~]# dnf install -y epel-release
[root@srv1 ~]# dnf install -y netdata
Setelah tahapan installasi selesai, aktifkan service netdata dengan perintah dibawah ini.
[root@srv1 ~]# systemctl enable --now netdata
Netdata bekerja pada Port 19999 jangan lupa untuk menambahkan port tersebut pada firewalld
[root@srv1 ~]# firewall-cmd --add-port=19999/tcp --permanent
success
[root@srv1 ~]# firewall-cmd --reload
success

Pengetesan

Setelah tahapan installasi selesai saatnya kita melakukan pengetesan, untuk pengetesan silahkan buka browser dari PC/Komputer Client lalu akses pada url http://IP_Address_Server:19999 jika berhasil maka akan masuk pada tampilan dashboard Netdata. disini rekan-rekan dapat melihat aktifitas penggunaan Source pada server secara realtime.

Cara Install Netdata di Centos 8 Server

Demikian kira-kira artikel Cara Install Netdata di Centos 8 Server ini saya buat. Semoga bermafaat untuk kita semua. Silahkan Share Jika sobat merasa postingan ini bermanfaat. Sekian & Terimakasih Salam.

Posting Komentar untuk "Cara Install Netdata di Centos 8 Server"